Intip Kemewahan Kota dengan Harga Properti Termahal di Dunia

(23/04/2024), Harga properti dunia pada tahun ini diperkirakan mulai alami kenaikan, hal itu didorong oleh stabilnya perekonomian global dan ekspektasi dari dipangkasnya suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve.
  • Global Property Guide mencatat kota Hong Kong menjadi kota dengan harga properti termahal di dunia, dengan harga jual sebesar Rp349,64 juta per meter perseginya.
  • Knight Frank mencatat Apartemen Mewah di Florence, Italia menjadi properti yang menjadi incaran para investor global tahun ini.

Dunia terus berubah mengikuti perkembangan zaman, pasar properti kota pun menjadi satu indikator dari kekuatan dan potensi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kota-kota besar di seluruh dunia menarik perhatian dengan kepadatan penduduk, infrastruktur yang canggih dan harga properti yang mengagumkan.

Setelah dua tahun penuh alami gejolak disrupsi, geopolitik, dan inflasi, pasar properti mulai berikan tanda-tanda kebangkitan yang didorong oleh perekonomian global yang mulai stabil.

Selain itu, anjloknya harga rumah dunia yang melanda negara maju sebagian besar telah mereda dan diperkirakan telah mencapai titik baliknya dalam beberapa tahun ke depan seperti dikutip dari Financial Times.

Sedangkan tahun ini, harga rumah diperkirakan mulai alami peningkatan usai ekspektasi dari bank sentral Amerika Serikat yang akan memangkas suku bunga acuan, sehingga diharapkan membantu penurunan suku bunga pinjaman perumahan.

Kemudian, beberapa kota besar atau negara kota ini diperkirakan masih menjadi primadona investor. Hal itu karena kota ini menjadi yang termahal dalam penjualan harga properti di dunia berdasarkan data Global Property Guide pada 2024. Kota-kota dengan harga jual termahal tersebut yaitu:

  1. Hong Kong memiliki harga USD 21.853 atau setara Rp349,64 juta per meter persegi.
  2. Zurich, Swiss memiliki harga USD 18.702 atau setara Rp299,23 juta per meter persegi.
  3. Luxembourg memiliki harga USD 13.142 atau setara Rp210,27 juta per meter persegi
  4. Singapura memiliki harga USD 12.912 atau setara Rp206,59 juta per meter persegi.

Sementara itu, pasar properti di Indonesia pada tahun ini diperkirakan tetap stabil. Hal itu dapat terlihat dari Indeks harga properti komposit-16 yang dikeluarkan Bank Indonesia di mana pada 2023 lalu hanya naik sebesar 1,74%. Sedangkan, secara jangka panjang pasar properti di Tanah Air cenderung tidak bergerak, dengan hanya naik 15,82% dari tahun 2015-2023.

Lalu berdasarkan, The Wealth Report 2024 yang dikeluarkan oleh Knight Frank mencatat ada sebanyak 6 properti dan kota dunia yang menarik perhatian investor melakukan investasinya tahun ini, yaitu:

  1. Apartemen Mewah di Florence, Italia
    Permintaan orang kaya dunia untuk membeli apartemen mewah dan pindah ke kota ini cukup besar, terlebih memanfaatkan rezim pajak tetap di Italia. Investor mengincar lokasi di sepanjang sungai Arno, seperti Lungarno Vespucci di utara atau San Frediano di barat.
  2. Apartemen Paris Klasik di Arondisemen ke 7 & 8
    Pada tahun 2024, hunian yang terinspirasi arsitektur dengan perabotan khusus, bergaya klasik, dengan pemandangan Sungai Seine atau Menara Eiffel akan banyak diminati. Minat datang dari klien Tiongkok dan AS, karena menjadi pusat perhatian menjelang Olimpiade 2024.
  3. Apartemen Tepi Perairan di Östermalm, Stokholm, Swedia
    Distrik Östermalm yang eksklusif telah mengalami penurunan harga sebesar 11% sejak Februari 2022. Ditambah diskon lebih yang ditawarkan kepada pembeli di luar negeri dan tidak adanya pajak kekayaan atau pajak warisan di Swedia semakin menambah daya tariknya.
  4. Seluruh Properti Kota New York, AS
    Di kota yang terdepan dalam kehidupan mewah, pembeli global menginginkan semuanya. Proyek yang memenuhi standar pasti akan menghasilkan kinerja yang lebih baik, namun ini bukan soal lokasi.
  5. Komunitas Pedalaman di Dubai, UEA
    Garis pantai Dubai sepanjang 65 km telah mengamankan rumah-rumah yang memiliki akses terhadap ruang hijau, sehingga membuka terciptanya komunitas pedalaman. Lokasi seperti Al Barari, Tilal Al Ghaf, Jumeirah Islands dan Jumeirah Golf Estates akan menjadi prime.
  6. Retreat di Tasmania, Australia
    Nilai-nilai utama di sepanjang Sungai Derwent di Hobart meningkat 142% selama dekade terakhir, meskipun kota ini masih menawarkan nilai yang tinggi, dengan harga rumah bergengsi mulai dari A$ 1,2 juta.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas, bila tertarik untuk melakukan investasi atau membeli properti di sejumlah kota-kota di Indonesia, Anda dapat memanfaatkan privilege penawaran khusus Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA.

Untuk syarat dan ketentuan berlaku dapat Sahabat lihat pada tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/BCA-Privilege/KPR

Rekomendasi Berita