Bahaya Salah Pilih Jurusan Kuliah dan Peran Penting Orang Tua

(30/04/2024), Salah pilih jurusan kuliah akan berdampak pada lapangan kerja yang di dapat setelah lulus. Penelitian menyebut hanya 27% dari lulusan tersebut yang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.
  • Salah memilih jurusan kuliah biasanya karena kurangnya informasi, banyaknya saingan diprogram yang diinginkan hingga soal finansial.
  • Peran orang tua dalam memberikan informasi kredibel terkait jurusan kuliah yang tepat sangat penting, sebab orang tua sumber dukungan emosional.

Memilih jurusan kuliah adalah langkah penting dalam membentuk masa depan. Kesalahan dalam memilih jurusan saat di perguruan tinggi dapat mengakibatkan konsekuensi yang serius dan dapat mengubah arah hidup secara tidak terduga.

Sebagai orang tua, Sahabat tentu tidak ingin putra-putri tersayang salah pilih jurusan kuliah. Sebab memilih jurusan perguruan tinggi yang salah, bisa berakibat pada kecilnya mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, bila pilih jurusan yang tepat, peluang bahagia dan sukses dalam karir terbuka luas.

Menurut laporan penelitian dari Federal Reserve Bank of New York, mengungkapkan bahwa salah pilih jurusan perguruan tinggi berdampak pada lapangan kerja yang didapat. Di mana hanya 27% dari lulusan tersebut yang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil.

Selain itu, berdasarkan laporan Gallup State of the American Workplace juga mengungkapkan bahwa dari salah pilih jurusan perguruan tinggi, hanya ada 31% lulusan perguruan tinggi yang antusias dalam pekerjaan mereka.

Bahkan, bila salah memilih jurusan kuliah, ada konsekuensi tambahan yang tidak direncanakan. Seperti, membengkaknya biaya kuliah hingga 70%, karena waktu untuk belajar di kampus bertambah, seperti dalam laporan Complete College America.

Lalu, sebenarnya apa saja hal-hal yang membuat seseorang salah pilih jurusan kuliah?

Deputy Director Of Operations Bina Bangsa School, Zenobia Subandi mengungkapkan pada umumnya siswa-siswi SMA kelas XII memiliki tantangan yang kompleks saat menentukan jurusan dan universitas untuk studi lanjutan. Seperti, pertimbangan faktor minat, bakat, nilai akademis, dan aspirasi karir yang menjadi sumber kebingungan.

Selain itu, persaingan yang ketat untuk masuk ke universitas-universitas bergengsi juga menjadi tantangan, karena siswa harus bersaing dengan ribuan pelamar lainnya untuk mendapatkan tempat diprogram studi pilihan mereka.

“Kurangnya pengetahuan tentang berbagai pilihan jurusan dan universitas juga menjadi hambatan. Banyak siswa mungkin tidak memiliki akses ke informasi yang memadai tentang program-program studi yang tersedia, persyaratan masuk dan prospek karir setelah lulus,” ungkap Zenobia.

Kemudian, Zenobia mengungkapkan faktor ekonomi juga menjadi pertimbangan berikutnya dalam memilih jurusan dan universitas. Sebab, biaya pendidikan yang tinggi di dalam maupun luar negeri menjadi hambatan siswa yang memiliki keterbatasan finansial.

Untuk itu, Zenobia berharap peran orang tua dan anggota keluarga terdekat dapat membantu anak memilih jurusan kuliah yang tepat. Apalagi, orang tua menjadi sumber dukungan emosional dan informasi selama proses pengambilan keputusan.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu orang tua membimbing anak dalam memilih jurusan dan tempat kuliah yang sesuai:

  1. Berikan dukungan tanpa syarat kepada anak, dengan mendorong anak mengeksplorasi minat dan bidang studi tanpa merasa terbatas keinginan orang tua.
  2. Mendengarkan dengan empati, terhadap keinginan, minat dan kekhawatiran anak.
  3. Berikan informasi akurat dan terkini tentang berbagai program studi yang sesuai dengan minat dan keahlian anak.
  4. Buat lingkungan yang terbuka dan mendukung anak merasa nyaman berbicara kekhawatirannya dan berdiskusi terbuka tentang pilihan pendidikannya.
  5. Berikan dukungan finansial kepada anak dalam mewujudkan impian dari pendidikannya, serta bicarakan opsi beasiswa dan bantuan keuangan lainnya.

Sahabat, bagi yang ingin anaknya dapat memilih jurusan kuliah yang tepat, Anda dapat menyekolahkan di Bina Bangsa School. Sekolah ini memiliki konselor yang dapat membantu siswa-siswi memilih jurusan dan berikan informasi yang kredibel.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas akan mendapatkan benefit berupa bebas biaya pendaftaran dan tambahan potongan harga atau diskon 10% untuk biaya masuk sekolah. Masa promosi berlaku hingga 11 Agustus 2024.

Syarat dan ketentuan yang berlaku, Sahabat dapat lihat pada tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Education/bina-bangsa-school

Rekomendasi Berita