Andi Nova Suzanar: Dari Jualan Kacamata, Sukses Jadi Distributor Semen


2015-Apr-13-Andi-NovaDi usianya yang menginjak 40 tahun, Andi Nova Suzanar telah sukses menjadi distributor pabrikan semen nasional.Kesuksesan Nova, begitu ia biasa dipanggil, merupakah buah dari kerja kerasnya.

Lahir dari keluarga sederhana, Nova bertekad untuk menjadi orang yang sukses. Perjuangannya sebagai pengusaha dimulai sejak duduk di kelas satu SMA. Saat itu dia menjadi penjual kaca mata keliling di kawasan Pasar Nusa Indah, Pontianak. Ia pun turut menjual petasan dan kembang api menjelang perayaan Lebaran, Imlek, dan tahun Baru. Berbagai pekerjaan lain pun pernah dijalaninya. Ia pernah menjadi neli kayu dan beras (menghitung ke luar masuknya barang saat bongkar muat) dan buruh di pelayaran.

Berawal dari pekerjaannya di bidang pelayaran, ia kemudian dipercaya atasannya untuk mengurus pengiriman barang ataupun dokumen dari kapal. Tahun 2007, ia memutuskan untuk mengambil  tawaran dari pamannya untuk menjadi distributor semen Tonasa namun usaha tersebut tidak mengalami kesuksesan.

Kemudian, berbekal kejujurannya, ia menawarkan diri ke Semen Indonesia untuk menjadi distributor melalui perusahan yang didirikannya sendiri yaitu PT Dua Agung.

Di awal menjadi distributor Semen Indonesia, Nova mengaku merangkap berbagai pekerjaan.  Lewat intuisi dan usahanya yang tak kenal menyerah, kini produk semennya menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Kalimantan Barat.

Nova terus melebarkan bisnisnya dengan dukungan permodalan dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Menurut Nova, pelayanan BCA dalam proses dan pengajuan pendanaan untuk modal kerja yang dia ajukan sangat cepat. 
 
“Layanan BCA begitu maksimal dan cepat. Bekerjasama dengan BCA, bisnis ibarat sedang berlarikencang. Selain Giro, saya juga menggunakan layanan KlikBCA Bisnis,” tutupnya.

BCA Senantiasa di Sisi Anda


Artikel Lainnya :