Mengintip Rahasia Kesuksesan Bisnis di Belakang Secangkir Kopi

(26/02/2024), Industri kopi modern dan kopi spesial terus berkembang pesat di dunia. Bahkan, di Asia Tenggara bisnis tersebut telah menjamur baik dari jaringan global maupun lokal dengan omset mencapai USD 3,4 miliar pada 2023.
  • Industri kopi dunia diperkirakan bakal tumbuh sebesar 2,2% pada 2024 yang didorong oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia yang bakal tumbuh di atas 3%.
  • Minat konsumsi kopi pun telah beragam dari yang mencari kopi berkualitas tinggi, unik dan kini mencari yang ramah lingkungan.

Industri kopi dunia terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat dan menawarkan peluang yang menjanjikan bagi pelaku bisnis di berbagai level. Dengan pasar yang terus berkembang, diversifikasi produk, tren kewirausahaan, dan peningkatan kesadaran akan kesehatan serta lingkungan, bisnis kopi menjadi salah satu sektor yang sangat menarik.

Berdasarkan data International Coffee Organization, industri kopi dunia pada 2024 masih akan tumbuh dengan baik, mengikuti proyeksi ekonomi dunia yang bakal tumbuh di atas 3%. Selain itu, proyeksi konsumsi kopi dunia juga bakal tumbuh 2,2% menjadi 177 juta kantong pada tahun ini.

Sasaran pebisnis kopi pun telah mengincar beragam konsumen, dari yang mencari kopi berkualitas tinggi, unik, dan ramah lingkungan. Dengan mengikuti tren dan memahami kebutuhan pasar, pebisnis kopi dapat mengambil manfaat dari potensi yang terus berkembang dalam industri yang dinamis ini.

Laporan Momentum Works mengungkapkan sepanjang 2023 kedai kopi modern dan kopi spesial yang disajikan jaringan global dan lokal telah berkembang pesat di Asia Tenggara dengan omset mencapai USD 3,4 miliar (Rp 72,7 triliun), di mana Indonesia dan Thailand adalah pasar terbesar dengan omset masing-masing USD 947 juta dan USD 807 juta.

Untuk itu, dengan melihat cukup besarnya konsumsi dan minat pelaku bisnis untuk terjun ke industri kopi, maka pelaku bisnis atau calon pelaku bisnis kopi perlu fokus menyiapkan sejumlah strategi, seperti mencari konsep kedai kekinian dan target market saat ini.

Marketing Communication Manager Scuro Lavino, Candra Ageng W, menuturkan minat dan tren pasar kopi di Indonesia memang terus meningkat sampai dengan saat ini. Minat itu tidak hanya di kota-kota besar saja, melainkan menjamur ke daerah-daerah sekitarnya.

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang suplai mesin kopi, grinder, peralatan bar dan perlengkapan restoran, Candra melihat bahwa tren industri kopi yang meningkat ini akan banyak didukung oleh pemerintah, karena terkait dengan industri kreatif.

Dengan demikian, lanjut Candra, bagi pelaku usaha yang ingin berbisnis di industri kopi penting untuk melihat kiat-kiat memilih konsep kedai dan peralatan kedai yang perlu diperhatikan berikut ini:

  • Cari supplier yang terpercaya dan memberikan servis purna jual,
  • Konsultasikan langsung dan trial test sebelum membeli untuk memastikan peralatan yang dipilih adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis kopi/kafe, dan
  • Pilihlah peralatan yang memiliki review baik dari segi kualitas, performance, juga keawetannya.

Selain itu, untuk membuka bisnis kopi kekinian, Candra juga mengungkapkan bahwa pelaku bisnis harus memiliki peralatan wajib seperti:

  1. Mesin kopi
  2. Grinder atau penggiling biji kopi
  3. Barista tools nya seperti tamper
  4. Knock box
  5. Milk pitcher
  6. Timbangan
  7. Shaker

“Selain peralatan wajib pelaku bisnis juga harus memiliki bahan baku, seperti biji kopi, teh, syrup gourmet, dan bubuk minuman juga wajib dipilih ketika ingin membuka bisnis kopi kekinian/kafe,” ujar Candra.

Bagi Sahabat Prioritas yang tertarik untuk berbisnis kopi, peluang mencari peralatan kedai bisa ditemukan secara lengkap di Scuro Lavino. Perusahaan ini menawarkan solusi untuk kebutuhan bisnis kopi/kafe kekinian.

Scuro juga memiliki varian merek yang berkualitas dan dan sudah terpercaya yang dapat dipilih menyesuaikan budget dan konsep bisnis kafe/kopi kekinian. Di Scuro, juga menyediakan konsultasi gratis, experience bar untuk trial produk, customer care yang siap membantu, dan layanan purna jual, juga service center mandiri.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas dapat menikmati fasilitas seperti potongan harga atau diskon hingga 15% untuk produk-produk Denali Gourmet, Scuro Coffee, Pyrmont Tea, Caferesso Coffee Machine & Coffee Grinder, Maquinos Power Blender, dan Maquinos DOPPIA (tanpa minimum pembelian).

Ada juga tambahan promo spesial dalam rangka merayakan HUT BCA ke-67, yaitu:

  • Coffee Machine LA MARZOCCO Linea Mini senilai Rp 67 juta
  • Paket mesin kopi lengkap untuk Home Use, yaitu Coffee Machine Caferesso 4000D dilengkapi dengan barista tools, Scuro Coffee, Denali Syrup & Powder, senilai Rp 6,7 juta.

Informasi lebih lengkap dapat melihat pada laman berikut:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Business/Scuro-Lavino

Rekomendasi Berita