House View Report

edisi

House View Februari 2024

05 Februari 2024

Adanya tekanan inflasi dari sisi supply maupun demand membatasi ruang bagi The Fed untuk mulai menurunkan suku bunga di H1-2024. Selain itu, potensi penerbitan US Treasury yang cukup tinggi di 2024 ditengah tingginya defisit fiskal AS berpotensi menjadi sumber volatilitas di pasar keuangan global.

Download Pdf

House View Januari 2024

16 Januari 2024

Memasuki tahun 2024, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan melambat karena tingginya suku bunga terutama di negara maju mulai berdampak pada melemahnya daya beli. Implikasinya, suku bunga dapat mulai diturunkan terutama apabila ekonomi melemah secara lebih signifikan. Selama tahun ini, lebih dari 40 negara akan melaksanakan pemilu sehingga menjadi faktor yang perlu diperhatikan karena berpotensi menjadi sumber volatilitas di pasar keuangan. Bagaimana pergerakan ekonomi global maupun Indonesia ke depannya? Apa dampaknya terhadap kelas aset?

Download Pdf

House View Desember 2023

06 Desember 2023

Tingkat inflasi berbagai negara di dunia mulai mengalami penurunan karena turunnya harga minyak dunia dan melemahnya daya beli masyarakat. Alhasil, ekspektasi berakhirnya siklus kenaikan suku bunga meningkat. Namun, pengetatan kebijakan moneter yang dilakukan melalui pengurangan balance sheet serta pengetatan persyaratan kredit di beberapa perbankan domestik AS berpotensi semakin mengurangi daya beli dan mempercepat resesi sehingga dapat meningkatkan volatilitas di pasar keuangan global. Bagaimana pergerakan ekonomi global maupun Indonesia ke depannya? Apa dampaknya terhadap kelas aset?

Download Pdf

House View November 2023

02 November 2023

Kekhawatiran bahwa US Treasury tidak lagi dianggap sebagai safe haven asset kelihatannya belum terbukti. Negara-negara di dunia masih terus menambah kepemilikannya di US Treasury meskipun AS terus menambah utang dan memperlebar defisit fiskalnya. Namun, yield US Treasury mungkin belum dapat turun signifikan dalam waktu dekat. Pasalnya, selain risiko fiskal di AS yang cukup tinggi, The Fed diperkirakan masih akan menahan suku bunga higher for longer melihat inflasi berpotensi sulit turun ke target 2,00% ditengah kenaikan harga minyak dunia dan data ketenagakerjaan AS yang masih relatif solid. Bagaimana pergerakan ekonomi global maupun Indonesia ke depannya? Apa dampaknya terhadap kelas aset?

Download Pdf