Mengenal Robot Pintar, Mitra Setia untuk Kehidupan Sehari-hari

(27/02/2024), Otomatisasi pekerjaan menjadi salah satu tren yang tidak bisa terhindarkan saat ini. Teknologi akan membantu, mempermudah dan meningkatkan aktivitas manusia sehari-hari.
  • Penggunaan robot pintar membuka jendela baru menuju masa depan yang lebih nyaman dan efisien.
  • Penggunaan robot pintar tak hanya menggantikan pekerjaan manusia tetapi menciptakan banyak kesempatan kerja baru.

Dalam beberapa tahun terakhir, otomatisasi pekerjaan telah menjadi salah satu tren baru membentuk transformasi kehidupan manusia sehari-hari. Teknologi otomatisasi tidak hanya merambah sektor industri, tetapi juga telah menjadi mitra penting dalam mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup.

Salah satu tren menarik yang semakin populer saat ini adalah penggunaan robot pintar yang dirancang membantu, mempermudah dan meningkatkan aktivitas manusia. Penggunaan robot pintar membuka jendela baru menuju masa depan yang lebih nyaman dan efisien.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, potensi besar yang dimiliki oleh robot pintar memberikan gambaran tentang bagaimana teknologi dapat secara positif membentuk cara kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Penelitian yang dilakukan oleh Daron Acemoglu dan Pascual Restrepo dari American Economic Association menyebutkan, pemanfaatan penggunaan robot pintar saat ini justru membuka lebih banyak kesempatan kerja daripada yang akan digantikan.

Laporan McKinsey & Company pada 2019 memperkirakan bahwa hilangnya pekerjaan akibat tergantikan oleh robot pintar akan diikuti dengan tumbuhnya 27 sampai 46 juta kesempatan kerja baru hingga 2030 dan meningkatnya peluang bisnis.

Mengenai hal itu, Sales Support dari PT Murni Solusindo Nusantara, Oelistyani mengakui bahwa tren otomatisasi saat ini memungkinkan bisnis untuk memberikan layanan yang lebih panjang (hingga 24/7) dan menjawab kebutuhan pelanggan lebih cepat. 

“Otomatisasi memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dengan mudah melalui berbagai service channel,” jelas Oelistyani.

Untuk itu, sebagai perusahaan penyedia Interactive Service Robot PUDU, Oelistyani memberikan berbagai pertimbangan bagi pelaku bisnis yang ingin merealisasikan otomatisasi dalam operasional bisnis, seperti:

  1. Menentukan proses yang akan diotomatisasi
    Tidak semua proses bisnis cocok untuk diotomatisasi. Bisnis perlu mengidentifikasi proses manual dan kurang efisien mana saja yang dapat diotomatisasi.
  2. Memilih teknologi yang tepat
    Ada banyak teknologi otomatisasi yang tersedia di pasaran. Bisnis perlu memilih teknologi yang tepat sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
  3. Mengelola perubahan dan mempersiapkan karyawan
    Otomatisasi dapat menyebabkan perubahan dalam peran dan tanggung jawab karyawan. Bisnis perlu mengelola perubahan ini dengan hati-hati untuk menghindari resistensi dari karyawan serta memberikan pelatihan yang diperlukan untuk mengadopsi teknologi baru tersebut.
  4. Memastikan keamanan data
    Otomatisasi dapat melibatkan pengumpulan dan penyimpanan data sehingga lebih rentan terhadap cyber security. Bisnis perlu memastikan keamanan data pelanggan dan karyawan mereka.
  5. Memiliki strategi jangka panjang
    Otomatisasi bukan solusi sekali jadi. Bisnis perlu memiliki strategi jangka panjang untuk mengimplementasikan dan memelihara sistem otomatisasi yang sudah dan akan mereka terapkan.

Sementara, bagi pebisnis yang sudah ingin merealisasikan proses otomatisasi, PUDU dapat membantu dengan menyediakan berbagai jenis interactive service robot, seperti pada aspek berikut ini:

  • Customer Service Robot
    Robot PUDU dapat ditugaskan sebagai digital customer service untuk menyambut, memberikan informasi, hingga memandu pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang tepat.
  • Delivery Robot
    Robot PUDU dapat digunakan untuk mengantarkan makanan, minuman, dokumen, dan berbagai barang lainnya dengan lebih cepat dan efisien sesuai instruksi.
  • Disinfection Robot
    Robot PUDU dapat digunakan untuk menyemprotkan disinfektan ke permukaan dan ruangan untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

Kemudian, bila pebisnis tertarik pada produk tersebut, PT Murni menyediakan standar garansi hardware selama 1 tahun dengan pilihan back to base (pengembalian hardware ke lokasi PT Murni untuk klaim garansi) atau kunjungan dari teknisi PT Murni ke lokasi klien.

Untuk memberikan layanan after sales yang terbaik bagi setiap klien, PT Murni didukung oleh 24/7 Helpdesk (Hotline: 1500 013), 300 lebih teknisi, dan 100 lebih service points di seluruh Indonesia.

Sahabat Prioritas yang sedang mempertimbangkan untuk merealisasikan penggunaan otomatisasi pekerjaan, Anda bisa memilih produk dari PT Murni Solusindo Nusantara dari berbagai jenis Interactive Service Robot dari PUDU.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas dapat menikmati potongan harga atau diskon untuk pembelian produk Interactive Service Robot dari PUDU sampai 25%. Selain itu, dalam rangka HUT BCA ke-67, PT Murni memberikan diskon special price untuk berbagai jenis PUDU Robot seperti Kettybot, Bellabot, dan Puductor 2.

Informasi lebih lengkap dapat melihat pada laman berikut:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Business/Pudubot-prio

Rekomendasi Berita