Menjemput Cuan dan Atasi ‘Mager’ dengan Vending Machine

(27/03/2024), Tren permintaan makanan dan minuman saat bepergian serta meningkatnya gaya hidup masyarakat di Indonesia menjadikan bisnis mesin penjual otomatis berpeluang tumbuh lebih tinggi.
  • Peluang tumbuhnya bisnis mesin penjual otomatis (vending machine) dapat tercermin dari ketahanan perekonomian Indonesia, di mana kepercayaan konsumen tetap stabil dan inflasi yang tercatat rendah.
  • Mesin penjual otomatis memberikan kenyamanan dalam berbelanja, menghemat waktu pembelian dan tentunya punya banyak variasi yang bisa dijangkau.

Mager atau malas gerak menjadi salah satu kondisi yang terjadi ketika sedang melihat antrean yang begitu panjang di depan kasir sebuah gerai yang akan kita tuju. Panjangnya antrean membuat konsumen menjadi bosan dan berpikir untuk memilih tempat lain.

Dari kasus tersebut, beberapa gerai makanan dan minuman mulai menerapkan teknologi terkini, seperti menyediakan mesin penjual otomatis. Alat itu pun telah menjamur, baik di stasiun, terminal, bandara, pusat kebugaran, dan juga rumah sakit.

Tak hanya itu, meningkatnya permintaan makanan ringan dan minuman saat bepergian serta peningkatan gaya hidup konsumen khususnya di Indonesia telah meningkatkan peluang baru untuk berbisnis mesin penjual otomatis.

Mengutip dari Grand View Research, mengungkapkan bahwa total nilai penjualan dari mesin penjual otomatis ritel secara global pada 2021 mencapai USD 51,91 miliar. Angka itu diperkirakan terus tumbuh (CAGR) sebesar 10,7% dari tahun 2022 hingga 2030.

Tren peningkatan itu juga diikuti dengan tumbuhnya nilai penjualan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada 2023 yang mencapai Rp57,6 triliun. Di mana makanan dan minuman berkontribusi sebesar 20,4% berdasarkan survei jasa konsultan Compas.

Kemudian, besarnya peluang berbisnis mesin penjual otomatis juga dapat terlihat dari ketahanan perekonomian Indonesia, seperti laju inflasi yang rendah yaitu 3,5%, sehingga memberikan kepercayaan konsumen yang stabil.

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan mesin penjual otomatis:

1. Kenyamanan

Mesin penjual otomatis menyediakan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen untuk melakukan pembelian kapan pun mereka mau, tanpa harus mengunjungi toko fisik atau mengantre.

2. Aksesibilitas 24 Jam

Mesin penjual otomatis beroperasi sepanjang waktu, sehingga memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi konsumen untuk membeli produk dan layanan kapan pun mereka membutuhkannya, bahkan di luar jam operasional toko.

3. Penyediaan Produk Variatif

Mesin penjual otomatis dapat menyediakan berbagai jenis produk, mulai dari makanan ringan dan minuman hingga produk kebutuhan sehari-hari.

4. Hemat Waktu

Dengan menggunakan mesin penjual otomatis, konsumen dapat menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk pergi ke toko atau mengantre di kasir, sehingga memungkinkan mereka untuk fokus pada aktivitas lain yang lebih penting.

Sementara itu, CEO Jumpstart, Brian mengungkapkan sebagai perusahaan pelopor penjual mesin kopi swalayan, pihaknya terus mengikuti perkembangan konsumen. Sebab, produk FMCG merupakan bisnis yang bergerak sangat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman.

Untuk itu, Brian memastikan akan terus menganalisa pasar, mengembangkan produk dan akan melakukan pengujian secara berkala, serta akan terus berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui keinginannya melalui media sosial.

“Tim R&D terus mengembangkan produk, dan apabila sudah ada produknya kami pertama-tama akan mencoba mengetesnya di kalangan internal, terlebih tim internal juga merupakan costumer kami,” jelas Brian.

Sedangkan, terkait dengan rencana ekspansi bisnis Jumpstart, kata Brian akan tetap fokus pada beberapa produk inti dan tidak ingin membagi operation ke terlalu banyak aktivitas. Selain itu, Jumpstart juga mencoba merapatkan penyebaran logistik.

“Karena dengan skala usaha yang meningkat maka efisiensi juga akan hadir setelahnya,” ujar Brian.

Sahabat Prioritas, bila tertarik untuk berbisnis menggunakan mesin penjual otomatis, Anda dapat memanfaatkan privilage yang diberikan oleh Jumpstart. Seperti, free vending machine untuk kantor bagi nasabah BCA Solitaire & Prioritas.

Selain itu, nasabah BCA Solitaire & Prioritas juga mendapatkan bonus ekstra 1 bulan sewa jika bekerjasama dengan menyewa mesin dari Jumpstart. Untuk syarat dan ketentuan lebih jelas, dapat Sahabat lihat pada tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Business/Jumpstart-prio

Rekomendasi Berita