Bisnis Streaming Menggurita dan Semakin Dalam Genggaman

(01/04/2024), Industri layanan streaming telah mengalami pertumbuhan pesat di dunia dan juga Indonesia. Besarnya pengguna internet dan meningkatnya penetrasi penggunaan smartphone membuat layanan streaming semakin dalam genggaman.
  • Pendapatan pasar streaming Indonesia diproyeksi dapat mencapai USD 0,6 juta pada 2024. Pendapatan tersebut juga diproyeksi alami peningkatan pertumbuhan tahunan CAGR (2024-2028) sebesar 5,91%
  • Berdasarkan riset Nielsel, Vidio menjadi platform streaming lokal terbanyak digunakan di Indonesia pada 2023. Vidio menawarkan berbagai konten lokal, termasuk film, acara TV, dan konten orisinal Indonesia.

Wajah industri film, musik dan game terus alami perkembangan hingga saat ini. Munculnya teknologi streaming membuat industri tersebut semakin mudah diakses dan semakin dalam genggaman setiap konsumen.

Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan pola konsumsi hiburan, industri layanan streaming telah menjadi salah satu sektor bisnis yang paling berkembang pesat di seluruh dunia termasuk di Tanah Air.

Di Indonesia, pasar layanan streaming telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Semakin banyaknya pengguna internet, meningkatnya penetrasi smartphone, dan ketersediaan akses internet yang lebih murah telah mendorong pertumbuhan penggunaan layanan streaming di negara ini.

Berdasarkan data Statista, bahwa pasar streaming di seluruh dunia diproyeksikan mencapai pendapatan sebesar USD 126,4 juta pada tahun 2024. Selain itu, diperkirakan akan alami pertumbuhan tahunan CAGR (2024-2028) sebesar 9,89%, dan menghasilkan proyeksi volume pasar sebesar USD 184,3 juta pada 2028.

Sedangkan, negara dengan penghasilan pendapatan terbesar di pasar streaming adalah Tiongkok dengan proyeksi volume pasar sebesar USD 40,5 juta pada tahun 2024. Kemudian, pengguna pasar streaming dunia diperkirakan mencapai 800 juta pada 2028.

Sementara, di Indonesia pendapatan pasar streaming diproyeksi mencapai USD 0,6 juta pada 2024. Pendapatan tersebut juga diproyeksi alami peningkatan pertumbuhan tahunan CAGR (2024-2028) sebesar 5,91%, dan menghasilkan proyeksi volume pasar sebesar USD 0,8 juta pada 2028.

Meningkatnya proyeksi pendapatan streaming di Indonesia juga dapat terlihat dari naiknya penjualan bisnis online. Di mana menurut Analisis Ernst & Young, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online Tanah Air setiap tahun naik 40%, di mana ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna smartphone.

Adapun platform streaming yang paling popular dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia antara lain:

  1. Netflix
    Netflix merupakan salah satu platform streaming terbesar di dunia dan telah mendapatkan popularitas yang signifikan di Indonesia dengan berbagai konten internasional dan produksi lokal.
  2. Disney+ Hotstar
    Disney+ juga telah menjadi pemain utama di pasar streaming Indonesia, terutama dengan portofolio konten yang meliputi film-film Disney, Marvel, Pixar, Star Wars, dan National Geographic.
  3. Vidio
    Vidio adalah platform streaming lokal yang menawarkan berbagai konten lokal, termasuk film, acara TV, dan konten orisinal Indonesia. Pada 2023 berdasarkan riset Nielsen menjadi platform yang paling banyak digunakan di Indonesia.
  4. Spotify
    Spotify merupakan aplikasi streaming musik paling populer di Indonesia. Platform asal Swedia ini memang menjadi platform favorit para pengguna smartphone muda untuk mendengarkan musik favoritnya.
  5. Twitch
    Buat para pencinta streamer, sudah pasti tidak asing dengan aplikasi gameonline ini. Didirikan pada 2011, Twitch menampilkan aplikasi streaminggame dari justin.tv dan cukup populer keberadaannya saat ini di Indonesia.

Sahabat Prioritas, bagi yang ingin menggunakan layanan streaming baik film, musik, dan game, Anda dapat memanfaatkan privilege penggunaan kartu kredit BCA & BCA American Express Platinum Charge Card.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas, Anda mendapatkan penawaran khusus, seperti bebas annual fee kartu utama dan cashback billing statement Rp12 juta kartu BCA American Express. Untuk lebih lengkapnya, Sahabat dapat mengakses tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/BCA-Privilege/Kartu-Kredit

Rekomendasi Berita