Tren kolaborasi antar brand marak beberapa tahun terakhir. Berbagai brand besar berlomba-lomba bekerja sama untuk menciptakan produk atau kampanye yang unik dan menarik, mulai dari fashion, teknologi, hingga makanan dan minuman.
Kolaborasi terbukti efektif dalam memperluas pasar, meningkatkan visibilitas, serta menciptakan gebrakan baru yang membuat konsumen semakin antusias. Tak heran, banyak brand memanfaatkan kolaborasi sebagai strategi untuk memperkuat citra dan mendominasi pasar.
Kolaborasi Antar Brand Disukai Konsumen
Mengutip survei yang dilakukan Visual Objects, 71% (hampir tiga perempat dari 501 konsumen yang disurvei) menikmati kemitraan antar brand dan pilihan produk baru yang dihasilkan. Hal itu dinilai dapat memecahkan kebutuhan konsumen dan menambah nilai produk tersebut.
Selain itu, laporan tersebut menjelaskan dampak kolaborasi antar brand dapat meningkatkan penjualan bisnis. Sebanyak 43% konsumen mengatakan akan mencoba produk kolaborasi sehingga minatnya menjadi dua kali lipat dari sebelumnya.
Kolaborasi Antar Brand yang Sukses
Kolaborasi antar brand tercatat juga telah menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam, sehingga meningkatkan potensi pertumbuhan di pasar yang semakin kompetitif. Berikut beberapa kolaborasi yang sukses, dikutip dari berbagai sumber:
1. McDonald’s McFlurry
Kolaborasi yang menggabungkan dua brand terkenal yaitu Oreo dan M&M dengan produk McDonald’s yaitu es krim McFlurry. Kolaborasi ini menghasilkan produk baru yaitu McFlurry Oreo dan McFlurry M&M. Kedua varian baru ini menjadi pilihan yang sangat disukai konsumen saat ini seperti dikutip dari sproutsocial.com.
2. Adidas dan Kanye West
Adidas dan Kanye West meluncurkan sepatu YEEZY SEASON 1 di New York Fashion Week tahun 2015 dikutip dari theceomagazine.com. Kolaborasi brand tersebut dilakukan untuk membangkitkan semangat penggemar Adidas dan Kanye West, sehingga meningkatkan nilai tambah, karena produk edisi terbatas dan dapat dikoleksi.
3. Uber dan Spotify
Masih dikutip dari theceomagazine.com, kolaborasi dua brand ini cukup unik, karena konsumen bisa langsung merasakannya saat menggunakan layanan transportasi. Konsumen yang download Spotify Premium bisa memutarkan musiknya melalui pengeras suara di kendaraan uber yang naikinya.
4. GoPro dan Red Bull
GoPro dan Red Bull menghasilkan peluncuran acara pemecahan rekor bersama. Keduanya adalah brand gaya hidup aksi dan petualangan sehingga menjadikannya mitra yang sempurna, terutama untuk olahraga yang digeluti. Teknologi kamera GoPro memungkinkan Red Bull melengkapi program yang memberikan perspektif baru yang belum pernah terlihat.
5. Nike dan PlayStation
Kolaborasi dua brand yang tergolong baru. Hal itu dimulai saat popularitas PS5 yang baru saja dirilis pada liburan tahun 2020 dan banyak dicari oleh orang karena barangnya terbatas. Memanfaatkan kehebohan tersebut, PlayStation bermitra dengan Nike untuk membuat sepatu kets khusus bermerek Paul George untuk PS5. Sepatu ini dirilis pada pertengahan tahun 2021.
Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, ingin melakukan kolaborasi antar brand bisnis? Anda bisa aktif bergabung di komunitas BCA Young Community (BYC) untuk memperluas networking, mendapat mentor bisnis, serta update informasi.
Informasi jelas, klik tautan di bawah ini:
bca.id/byc