Kolaborasi antarmerek menjadi strategi efektif memperluas pasar dan meningkatkan visibilitas. Dari fashion hingga teknologi, kerja sama antara dua merek atau lebih dapat menciptakan produk yang unik dan inovatif, serta menarik minat konsumen.
Kisah kesuksesan kolaborasi antarmerek yang terjadi di Tiongkok menjadi contoh nyata, di mana merek ponsel lokal secara perlahan mulai menantang dominasi perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, yaitu Apple.
Selama bertahun-tahun, Apple mendominasi pasar smartphone premium di Tiongkok berkat inovasi teknologi. Namun, merek HP lokal Tiongkok, seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo, tidak tinggal diam.
Mereka membentuk aliansi strategis dengan perusahaan teknologi lokal dan global, serta memanfaatkan ekosistem industri yang kuat. Kolaborasi merek HP lokal tersebut menggabungkan keahlian dalam inovasi produk, rantai pasok yang efisien, dan harga yang kompetitif sehingga perlahan menggerus pangsa pasar Apple di Tiongkok.
Merek HP Lokal Tiongkok Mendominasi
Laporan Canalys dikutip dari CNBC disebutkan, merek HP lokal asal Tiongkok merebut pangsa pasar penjualan smartphone di negeri panda putih sepanjang kuartal II tahun 2024. Pangsa pasar smartphone Tiongkok tumbuh 10% dengan penjualan mencapai 70 juta unit.
Berikut daftar merek HP lokal Tiongkok dan penjualannya:
1. VIVO
Merek HP lokal Tiongkok ini merebut posisi teratas pada kuartal II-2024 dengan pangsa pasar mencapai 19%, dengan 13,1 juta unit terjual. Kesuksesan VIVO dilakukan dengan penjualan offline dan online yang massif selama festival e-commerce ‘618’.
2. OPPO
Merek HP OPPO ada pada urutan kedua dengan penjualan 11,3 juta unit pada kuartal II-2024, kesuksesannya terutama dari penjualan seri Reno 12.
3. HONOR
Merek HP Tiongkok yang dimiliki Shenzhen Zhixin New Information Technology Co., Ltd ini berada di urutan ketiga dengan penjualan mencapai 10,7 juta unit.
4. Huawei
Huawei pada kuartal II-2024 berhasil menjual produk HPnya dengan pangsa pasar 15% atau 10,6 juta unit dengan kesuksesan smartphone seri Mate 60. Padahal, tahun sebelumnya merek ini sulit masuk posisi lima besar.
5. Xiaomi
Merek HP Xiaomi juga mulai mengalami peningkatan penjualan usai melakukan gebrakan bisnis selain ponsel pintar yaitu mobil listrik pertamanya SU7. Secara keseluruhan, penjualan Xiaomi didominasi HP seri K70 dan seri 14.
Merek Apple yang selama ini mendominasi pasar di Tiongkok, pada kuartal II-2024 penjualannya menyusut menjadi 14% dari periode yang sama tahun lalu 16%. Penjualan iPhone diperkirakan hanya mencapai 9,7 juta unit.
Faktor Kunci Kesuksesan
Salah satu kunci yang mendorong kesuksesan merek lokal Tiongkok adalah fleksibilitasnya dalam inovasi dan menyesuaikan diri dengan preferensi konsumen dalam negeri.
Merek lokal secara cepat merespons tren teknologi seperti 5G dan AI, serta menawarkan fitur-fitur yang lebih relevan bagi pasar domestik, seperti aplikasi dan platform e-commerce yang terintegrasi dengan layanan lokal.
Kolaborasi yang mendorong inovasi teknologi dan pengembangan industri dalam negeri menjadi faktor penting kesuksesan merek Tiongkok sehingga dapat bersaing di pasar internasional. Bahkan, melampaui dominasi Apple.
Nasabah BCA Solitaire dan Prioritas, bagaimana menurut Anda? Kolaborasi dan inovasi menjadi salah satu faktor penting untuk bisa bersaing di pasar yang kompetitif agar dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.
Anda yang sedang melakukan ekspansi bisnis melalui kolaborasi dan membutuhkan informasi lengkap mengenai berbagai layanan dan solusi BCA, dapat menikmati layanan PIC khusus dengan Personal Banker.