Cegah Osteoporosis dengan Pemeriksaan Bone Densitometry

(30/01/2024), Osteoporosis kerap disebut sebagai silent desease karena menyerang tiba-tiba tanpa gejala khusus. Salah satu metode untuk mengetahui gejala osteoporosis adalah dengan pemeriksaan bone densitometry yang dilakukan dengan penyinaran sinar-X ke beberapa area tubuh.
  • Bone Densitometry merupakan pemeriksaan kepadatan tulang untuk mengetahui berapa besar penurunan massa tulang dan potensi kerusakan tulang.
  • Pemeriksaan bone densitometry merupakan pemeriksaan berbasis teknologi sinar-X ke beberapa area tubuh. Bone densitometry dapat dilakukan di Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Terdapat banyak upaya untuk menjaga kesehatan fisik. Mengonsumsi makanan sehat, olahraga teratur, melakukan manajemen stres, dan memeriksakan diri secara rutin adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk sehat.

Sahabat, Anda tentu melakukan berbagai cara agar tetap sehat dan bisa menikmati lebih banyak waktu bersama keluarga dan support system. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan pemeriksaan kepadatan tulang dengan metode Bone Densitometry.

Pemeriksaan kepadatan tulang menjadi penting untuk mengetahui berapa besar penurunan massa tulang dan potensi kerusakan tulang. Prosedur bone densitometry adalah pemeriksaan dengan memanfaatkan teknologi sinar-X untuk mengukur jumlah kalsium dan mineral lain dalam tulang terutama tulang belakang, tulang panggul, dan tulang di pergelangan tangan.

Bone densitometry juga bisa dilakukan dalam upaya diagnosa penyakit osteopenia dan osteoporosis. Osteoporosis atau pengeroposan tulang, sering dianggap silent disease karena dapat menyerang secara tiba-tiba tanpa ada tanda khusus. Hal tersebut terjadi karena gejala osteoporosis kerap tidak dirasakan pasien sebelum terjadinya cedera.

Bone densitometry bekerja seperti pemindaian sinar-X. Bila melakukan pemeriksaaan bone densitometry, Sahabat Prioritas akan berbaring di atas meja tindakan. Tubuh akan menerima alat penyinaran sinar-X dosis rendah yang bergerak memindai seluruh tubuh. Mengutip jurnal National Library of Medicine, sebagian sinar-X dari pemindai akan diserap tulang. Sedangkan sinar-X yang tidak terserap akan terdeteksi dari sisi lain tubuh.

Semakin padat tulang berarti semakin padat juga kandungan mineral akan semakin banyak diserap sinar-X. Sebaliknya, semakin sedikit energi yang tidak terserap terdeteksi di sisi tubuh lain. Pemeriksaaan bone densitometry dapat difokuskan pada beberapa area tubuh.

Misalnya dalam pendeteksian osteoporosis maka bagian yang dipindai adalah panggul dan tulang belakang. Sedangkan pada deteksi hiperparatiroid, penyakit karena kelebihan hormon yang diproduksi empat kelenjar kecil di leher, maka penyinaran sinar-X akan memindai daerah lengan bawah. Pemeriksaan bone densitometry biasanya akan berlangsung selama 10-20 menit.

Siapa yang Perlu Pemeriksaan Bone Densitometry

Perwakilan Rumah Sakit Mitra Keluarga Theofilus Richard menyebutkan, pemeriksaan bone densitometry diperlukan oleh seseorang yang berada dalam kondisi:

  • Wanita di fase post-menopause
  • Seseorang yang memiliki riwayat tulang panggul patah
  • Memiliki riwayat merokok
  • Mengalami gejala tulang keropos
  • Mengonsumsi obat yang dapat memicu tulang keropos seperti kortikosteroid dan prednisone
  • Memiliki riwayat diabetes tipe-1, penyakit hati, dan gangguan ginjal
  • Memiliki riwayat anggota keluarga yang mengalami osteoporosis
  • Pasien yang memiliki kelebihan hormon tiroid
  • Pasien yang mengalami patah tulang
  • Pasien dengan gejala osteoporosis

Sebelum melakukan prosedur bone densitometry, Sahabat perlu mempersiapkan beberapa hal. Berikut adalah beberapa persiapan yang bisa dilakukan: 

  • Menggunakan pakaian yang nyaman tetapi tetap dapat menggunakan pakaian dengan resleting, ikat pinggang, dan kancing
  • Aksesori dan perhiasan sementara bisa dilepas atau ditinggalkan di rumah karena akan mengganggu proses pemindaian.

Sahabat Prioritas, BCA Solitaire & Prioritas bekerjasama dengan partnerprivilege yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga. Sahabat BCA Solitaire & Prioritas dapat memanfaatkan penawaran istimewa untuk pemeriksaan bone densitometry dan mamografi di Rumah Sakit Mitra Keluarga dengan diskon sampai 25% sampai 31 Desember 2024 mendatang.

“Layanan bone densitometry terdapat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi, Kemayoran, dan Surabaya,” sebut Theofilus Richard.

Informasi lengkap mengenai privilege BCA Solitaire & Prioritas di Mitra Keluarga dapat diakses pada tautan berikut:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Health-Privilege/Domestik/Mitra-Keluarga

Rekomendasi Berita