Mengapa Harus Menyekolahkan Anak di Tiongkok?

(30/01/2024), Tiongkok pernah mendapat peringkat pertama dalam skor PISA sehingga kerap dipertimbangkan sebagai negara tujuan pendidikan. Ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di negeri Tirai Bambu.
  • Selain Amerika dan Eropa, Tiongkok memiliki sistem pendidikan yang baik dan berkualitas. Beberapa lembaga pendidikan tinggi di Tiongkok masuk dalam kampus dengan jumlah alumnus miliarder terbanyak dunia.
  • Chinalink Education Group merupakan lembaga konsultan pendidikan yang menjalin kerjasama resmi dengan Ministry of Education of PRC dan telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan lebih dari 80 universitas di Tiongkok.

Sejak tahun 1980-an, Deng Xiaoping naik tahta perlahan Tiongkok berubah. Aspek ekonomi adalah hal yang paling pertama diperhatikan dengan membuka banyak investor asing. Aspek politik juga diubah dengan memperbaiki hubungan dengan negara lain dan menghindari konflik. Terbukti, hanya dalam waktu puluhan tahun, Tiongkok telah menjelma menjadi sebuah negara dengan kekuatan ekonomi dan teknologi yang diperhitungkan dunia.

Selain ekonomi dan politik, era reformasi besar-besaran Tiongkok di bawah Deng Xiaoping, juga dilakukan dengan memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sistem pendidikan yang berkualitas. Sistem pendidikan Tiongkok yang berkualitas dan berkelanjutan mencetak SDM yang siap menghadapi persaingan global.

Sistem pendidikan di Tiongkok bahkan telah diganjar peringkat pertama oleh lembaga PISA di tahun 2019. Program for International Student Assessment (PISA) adalah metode pengukuran yang dilakukan negara OECD kepada setidaknya 600 ribu siswa usia 15 tahun dari 85 negara. PISA mengukur kemampuan berhitung, membaca, dan sains yang kerap menjadi dasar kesiapan sistem pendidikan suatu negara dalam menciptakan SDM.

Lembaga pendidikan Tiongkok juga kerap masuk menjadi lembaga terbaik dunia. Riset Henley Global tentang The Centi Millionaire Report 2023 menyebut, Universitas Tsinghua dan Universitas Peking menjadi universitas yang menghasilkan lulusan jutawan terbanyak di dunia.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut yang membuat Tiongkok kerap menjadi negara rujukan pendidikan dunia. Apakah Sahabat juga sedang mempertimbangkan untuk menyekolahkan putra-putri di Tiongkok?

Lembaga konsultan pendidikan Chinalink Education Group yang bekerjasama dengan Ministry of Education of PRC memberikan beberapa tips penting untuk orang tua yang sedang mempertimbangkan pendidikan anaknya di Tiongkok:

Pemilihan Jurusan dan Universitas

Sahabat dapat berkonsultasi dengan anak atau lembaga konsultan pendidikan terkait jurusan yang sesuai dengan minat dan rencana masa depan. Universitas juga harus dipilih dengan cermat. "Di sinilah fungsi Chinalink membantu mengarahkan agar siswa dapat memilih sekolah dengan benar," sebut perwakilan Chinalink, Rio Adrian.

Riset dan Kalkulasi Kebutuhan Biaya

Setelah menentukan sekolah, Sahabat disarankan untuk mencari informasi lebih banyak mengenai kebutuhan biaya. Jangan lupa juga mempertimbangkan kenaikan harga (inflasi), biaya hidup, dan biaya penunjang.

Mempersiapkan Dokumen

Sahabat juga perlu mempersiapkan dokumen penting serta persyaratan untuk melakukan pendaftaran di universitas. Dokumen yang penting yang biasanya dibutuhkan selain rapor ijazah adalah letter of recommendation, application essay dan dokumen pendukung lain.

Persiapan Bahasa Mandarin

Salah satu persiapan yang diperlukan untuk kuliah di Tiongkok adalah mengasah kemampuan bahasa Mandarin. Dengan begitu, anak dapat beradaptasi dengan baik di Tiongkok.

Mengenal Budaya Tiongkok

Tidak sedikit siswa yang mengalami culture shock saat belajar ke Tiongkok. Selain bahasa, budaya adalah hal penting yang harus dipahami. Kuliah di Tiongkok juga memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan semua siswa dari berbagai latar belakang dan budaya yang penting dalam mengembangkan networking di masa depan.

Sahabat, sudah yakin dan siap untuk menyekolahkan buah hati di Tiongkok? Nasabah Solitaire & Prioritas BCA mendapatkan privilege khusus dari partner BCA: Chinalink Education Group.

Chinalink telah ada sejak 1997 dan merupakan lembaga yang berdedikasi di bidang pendidikan di Tiongkok. Chinalink merupakan mitra kerja sama resmi dengan Ministry of Education of PRC dan telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan lebih dari 80 universitas di Tiongkok.

Informasi lebih lengkap terkait privilege BCA Solitaire & Prioritas dapat diakses pada tautan berikut:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Education/chinalink-education-group-prio

Rekomendasi Berita