You are using an outdated browser. Please upgrade your browser to improve your experience.You are using an outdated browser. Please upgrade your browser to improve your experience.
close
19 Mar 2024

"Michelin Star" Dari Bisnis Ban Menjadi Penghargaan Restoran Terbaik Dunia

(19/3/23), Michelin Star menjadi penghargaan yang didambakan para koki dan pemilik restoran di seluruh dunia. Suatu indikator yang dapat diandalkan bagi pelanggan yang ingin merasakan masakan terbaik di setiap destinasi....

Jakarta, 19 Maret 2023

  • Michelin Star awalnya diciptakan untuk mengisi panduan wisata tahunan, agar meningkatkan minat perjalanan jarak jauh, sehingga meningkatkan konsumsi ban mobil.
  • Michelin Star kini telah mengubah bisnis restoran, di mana rata-rata setelah menerima satu bintang akan meningkatkan aktivitas ekonomi sebesar 20%, dua bintang sebesar 40% dan tiga bintang menjadi sebesar 100%.

Mendirikan sebuah restoran atau rumah makan yang dihargai dunia bukanlah tugas yang mudah. Sebab, dibutuhkan dedikasi, kreativitas, dan fokus yang tinggi untuk menciptakan pengalaman kuliner yang istimewa, sehingga menarik perhatian para pecinta makanan di seluruh dunia.

Membangun sebuah restoran yang sukses diakui secara global juga harus dimulai dengan visi yang jelas dan unik. Lalu, mempertimbangkan konsep, tema dan identitas restoran dengan cermat. Apakah ingin menciptakan pengalaman kuliner tradisional yang otentik atau mengeksplorasi konsep yang inovatif dan modern?

Selain itu, untuk dapat menjadi sebuah restoran terbaik dunia, perlu juga campur tangan dari lembaga pemeringkat kuliner yang dipercaya dunia. Seperti, pada penghargaan yang diberikan oleh ‘Michelin Star’. Penghargaan itu menjadi alat pemasaran jitu untuk mengejar pelanggan.

Michelin, sebelumnya kita kenal adalah merek ban mobil berkualitas tinggi, dan kini menjelma menjadi lembaga yang dihormati dunia kuliner melalui penghargaan Michelin Star. Penghargaan itu menjadi penentu dan sangat prestisius bagi restoran terbaik dunia. 

Michelin, didirikan pada 1889 oleh dua orang bersaudara Édouard dan André Michelin di Prancis. Perusahaan ini awalnya merupakan perusahaan manufaktur ban. Lalu, membuat panduan wisata tahunan yang mencakup informasi tentang tempat wisata, hotel, dan restoran. Tujuannya adalah meningkatkan minat perjalanan jarak jauh, sehingga meningkatkan konsumsi ban mobil.

Sedangkan, penghargaan Michelin Star diperkenalkan tahun 1926, dengan memberikan penilaian untuk restoran di panduan wisata. Dalam panduan itu, ada pemberian satu, dua, atau tiga bintang kepada restoran-restoran yang dianggap memiliki kualitas dan layanan yang luar biasa.

Dikutip dari Medium, dijelaskan bahwa ada beberapa poin penting mengapa penghargaan Michelin Star begitu sukses sebagai alat pemasaran restoran berkelas dunia. Berikut penjelasannya:

1. Menciptakan nilai bagi pelanggan

Bintang Michelin bukan hanya simbol kualitas, tapi juga emosi. Bintang Michelin menarik kebutuhan hedonis dan sosial pelanggan, serta kebutuhan fungsional. Bintang Michelin menawarkan pengalaman yang berkesan, menyenangkan, dan bergengsi.

2. Memanfaatkan informasi dari mulut ke mulut

Bintang Michelin menghasilkan buzz dan publisitas baik untuk restoran maupun mereknya. Penghargaan ini merangsang ulasan dan rekomendasi positif dari pelanggan, kritikus, dan pemberi pengaruh.

3. Membedakan merek dari pesaing

Bintang Michelin unik dan khas di pasar. Penghargaan ini tidak dipengaruhi oleh iklan atau sponsor. Hal ini didasarkan pada kriteria yang ketat dan obyektif yang diterapkan oleh pemeriksa anonim. Penghargaan ini juga konsisten dan dapat diandalkan di berbagai negara dan budaya.

4. Berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan tren

Bintang Michelin tidak statis atau stagnan. Penghargaan ini berkembang seiring waktu dan mencerminkan keragaman dan kreativitas dunia kuliner.

5. Memperkuat loyalitas dan kepercayaan merek

Bintang Michelin menciptakan ikatan yang kuat antara merek dan pelanggannya. Penghargaan ini juga meningkatkan reputasi dan kredibilitas merek sebagai pemimpin dan ahli dalam industri.

Kemudian, berdasarkan data Standford Economic Review menjelaskan bahwa pemberian penghargaan Michelin Star telah mengubah bisnis restoran, di mana rata-rata setelah menerima satu bintang akan meningkatkan aktivitas ekonomi sebesar 20%, dua bintang sebesar 40% dan tiga bintang menjadi sebesar 100%.

Selain itu, restoran dengan satu bintang Michelin bakal menaikkan harganya sebesar 14,8%, dua bintang menaikkan sebesar 55,1%, dan tiga bintang menaikkan harga sebesar 80,2%. Sementara, seperti di London apabila kehilangan bintang Michelin justru laba akan turun hingga 76%.

Sahabat, restoran dengan bintang Michelin mana favorit Anda? 

BCA Solitaire & Prioritas menggandeng beberapa partner bidang kuliner yang dapat menyajikan berbagai ragam kuliner khas dan berkelas seperti di Skyhouse Rooftop Restaurant yang terletak di rooftop hotel Mercure Samarinda. Sahabat dapat menikmati sejumlah penawaran menarik yang dapat diakses melalui tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Lifestyle/Skyhouse-Rooftop-Restaurant

Rekomendasi Berita