Kelezatan Kepiting Asap dan Mantau ala Blue Sky

(26/03/2024), Kepiting adalah makanan yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kepiting dapat menguatkan otot, melindungi penyakit jantung dan darah tinggi, serta memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Berkunjung ke Balikpapan belum sah bila tidak mencicipi makanan khas kepiting asap. Makanan itu dapat dinikmati di Blue Sky Mantau & Kepiting sebagai menu spesialnya.
  • Tak hanya kepiting, oleh-oleh khas Balikpapan yang terkenal seperti Mantau juga bisa di dapat di Blue Sky Mantau & Kepiting.

Jangan pernah bilang kalau Sahabat adalah pencinta seafood bila belum mencoba makanan khas dari Balikpapan, Kalimantan Timur ini. Ya, makanan ini adalah kepiting yang diolah dengan lumuran bumbu dan rempah-rempah khusus yang dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar.

Makanan ini menjadi menu wajib apabila mengunjungi kota penghasil migas di Kalimantan Timur. Makanan ini dikenal dengan nama kepiting asap, yang apabila telah matang dibakar akan mengeluarkan aroma yang khas dan memiliki rasa yang lezat hingga bumbu meresap ke dalam dagingnya.

Kenikmatan memakan kepiting asap juga tak hanya soal rasa, tetapi juga pengalaman sosial yang menyenangkan. Seperti, mendiskusikan teknik memecahkan cangkang, yang pastinya menjadi momen yang mempererat hubungan antar keluarga dan teman-teman bila menikmatinya bersama.

Dikutip dari The Guardian, dijelaskan bahwa memakan kepiting memiliki banyak kelebihan, di mana kepiting harganya jauh lebih murah dan rasanya lezat dibandingkan lobster, hingga memiliki banyak protein serta asam lemak omega-3.

Dari sisi kesehatan, memakan kepiting dapat membantu menguatkan otot, melindungi dari penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein pada kepiting juga memuaskan nafsu makan, memperbaiki jaringan tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh kepiting membuatnya menjadi makanan yang paling dicari pencinta seafood Tanah Air maupun dunia. Bahkan, upaya peningkatan produksinya terus digenjot oleh pemerintah setiap tahunnya.

Data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat, produksi kepiting di Indonesia mencapai 74.032 ton dengan nilai Rp4,66 triliun pada 2022. Volumenya naik 28,38% dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 57.665 ton senilai Rp3,48 triliun.

Sedangkan, untuk ekspor kepiting nilainya meningkat pesat menjadi USD 613,24 juta pada 2021, tumbuh 66,86% secara tahunan (year-on-year/yoy). Ekspor tersebut kembali alami peningkatan usai pandemi Covid-19.

Sahabat Prioritas, apabila sedang berkunjung ke Balikpapan dan ingin menikmati kelezatan kepiting asap, Anda dapat mencicipinya di Blue Sky Mantau dan Kepiting. Kepiting asap menjadi menu spesial restoran tersebut dengan sejumlah varian harga.

Selain itu, adapula makanan khas mantau yang bisa Sahabat jadikan oleh-oleh, yang terdiri dari mantau rasa ayam cabai kering dan sapi lada hitam. Mantau juga terdiri dari dua varian yakni mantau mangkok dan mantau biasa.

Restaurant Manager of Blue Sky Mantau & Kepiting, Supriono Tidar, menjelaskan mantau adalah makanan dari Tiongkok, lalu pada tahun 1987 lahirlah Blue Sky Mantau yang kemudian diperkenalkan oleh Blue Sky Hotel. Kini Blue Sky Mantau menjadi pionir oleh-oleh wajib di Balikpapan dan terus melakukan pengembangan.

“Tahun 2022, Blue Sky Group mendirikan Blue Sky Mantau & Kepiting Resto yang berada di posisi strategis sekitar airport international Balikpapan sebagai tempat yang memberikan kenyamanan dan pengalaman mencari oleh-oleh khas Balikpapan,” jelas Supriono.

Meski zaman terus berubah, Supriono mengakui pihaknya terus melakukan penyesuaian agar konsumen tetap setia, seperti:

  • Menjaga kualitas dan rasa untuk selalu konsisten,
  • Inovasi dalam mengedepankan kebutuhan konsumen sebagai kunci beradaptasi, dan
  • Selalu komunikatif dengan konsumen dengan memberikan yang terbaik dalam hal produk sampai dengan pelayanan.

Sedangkan untuk tahun 2024, Supriono mengatakan, Blue Sky Mantau & Kepiting ingin menjadi salah satu produsen oleh-oleh kepiting terbaik di Balikpapan, serta mempertahankannya menjadi pilihan utama masyarakat.

Nasabah BCA Solitaire & Prioritas, bila ingin menikmati kuliner khas Balikpapan tersebut, Blue Sky Mantau & Kepiting memberikan penawaran khusus berupa potongan harga atau diskon. Berikut penawarannya:

  • Diskon 10% All Food & Baverage(Dine in & Take Away)
  • Diskon 15% Kepiting Only (Dine In & Take Away)
  • Minimum Spending000 (Before Tax & Service)
  • Maksimum Diskon Rp500.000
  • Hanya berlaku di Blue Sky Mantau & Kepiting Resto
  • Periode April 2024 – April 2025

Syarat dan ketentuan yang berlaku dapat Anda lihat pada tautan di bawah ini:

https://prioritas.bca.co.id/en/Privilege/Partner-Privilege/Lifestyle/blue-sky-mantau-and-kepiting

Rekomendasi Berita